WELCOME

Selamat Datang di Pangkreng's Blog.

Friday, August 3, 2007

Cerpen

TEMAN YANG JAUH DI MATA DEKAT DI HATI

Hari ini ada pelajaran bahasa inggris, tapi Asep lupa mengerjakan PR yang diberikan oleh gurunya sehari sebelumnya. Alhasil Asep kena marah, dan mendapatkan hukuman membersihan WC yang sudah satu tahun tidak dibersihkan.

“Eh sep, kenapa kamu tidak mengerjakan PR?” tanya Bu Isti. “Anu bu anu…., saya lupa kalau ada PR,” jawan Asep dengan penuh ketakutan. “Kenapa bisa sampai lupa, sekarang kamu mendapatkan hukuman membersihkan WC depan kelas 12 IS 1, cepaaat!.” Gertak bu isti.

“Apes sekali hari ini, sudah dimarahi guru, membersihkan WC lagi, sudah kotor bau lagi” gerutu Asep. Belakangan ini Asep tidak pernah mengerjakan PR dan tugas yang diberikan oleh guru, karena sering menonton acara wayang kulit yang disiarkan oleh stasiun tv nasional semalam suntuk, jadinya tidak ada waktu untuk mengerjakan tugas atau PR, parahnya lagi Asep sering tidur di kelas. Asep memang gemar sekali menonton wayang kulit, kebiasaan yang kurang lazim oleh anak muda, biasanya anak muda sekarang ini lebih suka menonton acara sinetron yang ditayangkan oleh tv swasta. Bukan alasan yang mendasar kenapa Asep suka pada pertunjukkan wayang kulit, Asep ingin berobsesi setelah lulus SMA, Asep akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi jurusan Sastra jawa dan setelah lulus Asep ingin membuat sanggar seni khusus sastra jawa dan memperkenalkan ke dunia. Obsesi yang berlebihan, tapi baik bila dipandang dari segi positifnya.

Bel berbunyi tiga kali, pertanda sudah waktunya selesai pelajaran terakhir, Asep pulang dengan kesalnya, “uh sial hari,” keluh Asep, teringat kejadian tadi pagi waktu pelajaran bahasa inggris. Asep lalu pergi ke tempat parkir, bermaksud untuk mengambil motornya, lalu setelah motornya diambilnya, Asep beranjak pergi dengan motor kesayangannnya pergi meninggalkan sekolah melewati gerbang sekolah yang sudah sangat lapuk dan tua.

“Ngapain aku pulang, palingan di rumah disuruh cuci piring, ah malez, lebih baik aku pergi ke warnet” pikir Asep. Dikebutnya motornya menuju ke arah barat menuju warung internet langganannya. “Mbak ruang berapa yang kosong?” tanya Asep pada operatornya. “oh dik Asep yang ganteng ruang tiga kayaknya kosong tuh,” timpal mbak operator. “ah mbak bisa aja, Asep kan jelek dibilang ganteng,” pikir Asep dalam hati dengan geli, sedikit mengobati kekesalannya teringat kejadian pada pagi hari tadi.

Setelah menuju ruang tiga, Asep langsung duduk dengan tenangnya, lalu Asep memencet tombol power pada CPU dan Monitor, sebelum Asep beraksi menjelejahi dunia maya yaitu Internet. Setelah menunggu beberapa saat, tampillah ikon-ikon kecil yang bertebaran di layar monitor. Seperti biasanya Asep langsung memilih Aplikasi chatting yaitu Yahoo Masengger, Asep memang hobi chatting. Lalu Asep masuk untuk Login untuk bisa chatting dengan teman-teman chattingnya yang ada di seluruh dunia. Setelah melalui proses login, Asep langsung memilih kota tujuan untuk bisa memulai chatting. Asep memilih kota bandung, karena bandung merupakan kota favoritnya. Setelah itu dia memilih salah satu room chatting yang tersedia di kota bandung.

Lalu asep memilih teman chatting, dia melihat ada satu nama yang unik, nicknamenya adalah Er, dia langsung mengetikkan kata, “eh leh kenalan ga?” ketik Asep. “Boleh donk,” bales Er. “Eh km msh skul or dah kul? Tanya Asep kembali, “Oh aku masih skul kok kls 3, di SMA 66 Bandung,” bales Er. “klo aku sih di SMA 2 Pemalang,” timpal Asep. “ Kok namanya pendek sekali sih? “ tanya Asep, “ oh itu nama panggilanku, “ balas Er. Begitu seterusnya sampai-sampai Asep meminta no hpnya Er, eh malah langsung dikasih. “Wah Er baik sekali ya,” Pikir Asep dalam hati.

Setelah selesai ber chatting ria Asep pulang, sebelum pulang Asep membayar jasa internetnya pada mbak operator. “Eh mbak berapa mbayarnya? “ kata Asep,” Oh kamu sep, kamu yang di ruang tiga kan, kamu ngambilnya paket ya? “tanya mbak Operator. Iya aku ngambil paket 3 jam, “timpal Asep, “yang paket 3 jam mbayarnya sembilan ribu rupiah, “ kata mbaknya lagi. Eh btw kenapa kamu senyum-senyum sendiri sep, baru dapat temen baru ya sep, mbak boleh kenalin donk, “canda mbak operator. Iya nih mbak aku baru dapat temen baru, anaknya baik lagi, “kata Asep. Oh syukur lah kalau kamu dapat teman yang baik, “kata mbak operator.

Setelah selesai membayar jasa internetnya, Asep langsung pulang, tidak mau mampir-mampir lagi karena sudah sore. Dia langsung menancapkan gas motornya, pulang dengan gembira, sambil senyum-senyum sendiri. Dia perjalanan ternyata ada seorang ibu-ibu yang memperhatikannya. Ini anak naik motor senyum-senyum sendiri, kaya orang gila, “pikir ibu yang di jalan tadi. Setelah langsung di rumah Asep langsung mandi, sebelum mandi Asep memeriksa badannya satu per satu. Ih ketek yang kiri sudah bau, yang kanan juga sudah bau, uuugh baunya kayak cuka, asem banget, “ kata Asep, “wah aku harus segera mandi nih, “pikir Asep. Setelah selesai mandi, Asep tidak lupa pada kewajibannya yaitu sholat, setelah selesai sholat Asep langsung pergi ke kamar untuk mengambil hpnya. “wah sekarang aku harus sms Er nih. “ halo Er gi ngapain nih, dah sholat blum nih?, “ ketik Asep dalam hpnya, “oh cerewet bgt sih, bercanda dink, wah makasih ya dah ngingetin aq, “balas Er. Eh kamu punya FS ga? “ tanya Asep. “oh aku ada kok, klo FSnya itu er2igo_eryu@yahoo.com, klo alamat emailnya tuh ernamon_erno@yahoo.com, gitu, ntar di approve ya, balas Er. Eh kamu kok ada namanya ernonya, mang kamu ce or co sih, tanya Asep. “ya ampun sep aq tuh perempuan, erno tu nama panggilanku, sep itu ada2 aja ya, balas Er. Setelah mengetahui alamat FSnya er, asep langsung pergi ke warnet untuk membukanya, setelah membukanya Asep melihat foto-fotonya Er, wah Er cakep ya, pikir Asep dalam hati. Setelah Asep membuka FSnya Er, langsung ngabarin pada Er, “eh Er aq dah liat FSnya kamu, kamu cakep ya, “ ketik Asep dalam hpnya, lalau dikirimnya ke nomernya Er. “eh kamu bisa aja, eh kamu dah punya FS Blom?, “tanya Er kembali dalam pesannya. “aq blom punya FS nih, aku blomsempat mbuatnya n aku blom punya foto2ku, “balas Asep dalam pesannya.

Yang menjadi ganjalan hati Asep, sampai saat ini, dia blom ngliatin fotonya ke Er, sampai-sampai ER penasaran, “gimana sebenernya sih Asep itu, “pikir Er dalam hati. Setelah itu Asep memberikan alamatnya emailnya kepada Er, supaya Er tau dan mengirimkan Emailnya ke Asep. “eh alamat emailku tuh peuyem2000@yahoo.com “ketik Asep dalam SMSnya. “eh alamat email km kok kayak nama makanan, “ canda Er.

Setelah mengetahui alamat emailnya Asep, Er langsung mengirimkan Emailnya, yang isinya sebagai berikut :

Hi Asep.. Ni Er.... wah... Er gk nyangka loh qta banyak kesamaan.... seneng BGT dech kenal sama kamu. Kmu tuh asalnya dari kuningan kan? Eh Asep klo seandainya kmu SMS re trus ma Er Gk di Blez, brarti Er Gda pulsa. Klo da pulsa Er usahain dech... bles SMS kamu.

Oiya waktu tu kmu prnah nanya kan kenapa e_mail re ada ‘Erno’nya. Sampe2 kmu nanya Er tuh sebenernya Ce ap Co? (Ingetkan?hehe...) re ska pengen ketawa klo inget itu. Sebenernya aku BT taw bikin e_mail. Abisnya gak da yang bener semua. Baru yang ini aja nih e-mail nurut. Udahmah namanya tidak direncanakan. Klo G salah Er tuh dah bikin 4 alamt e-mail. Re pengen bgi2 crita boleh ya....

Yang pertama itu ada kta ‘D_tre’..... apa gtu lupa lagi. Er singkat2 aja dari nama2 panggilan Er. yang kedua klo gasalah andromeda@yahoo.com, waktu tu Er suka sama tokoh Novel nama panggilannya andromeda, diatuh cakeuuup BGT (kata novel) yang ke tiga yang jadi alamt FS er2igo_eryu@yahoo.com klo ini gabungan nama er, co impian er ama Sobat er. Tapi 3 itu gk bisa di pake. Trus yang terakhir ya yang inni ernamon_erno@yahoo.com. Klo ini alamat asal BGT. Waktu bikin email ini Er inget ama sobat Er yang suka manggil Er tuh sama sebutan Ernamon (salah satu tokoh pokemon, tw G?) klo ‘Erno’nya itu... aslnya dari Guru di skull. Dia tuh manggil Er ‘Erno’. Truz di ikutin sam temen-temen, manggil Er jadi Erno.

Lucu dech waktu Er chat di YM pake ID itu, banyak yang nyangka Er tuh cowo. Hehehe.... pas Er bilang re F mreka pada Gk percaya trus gk lanjut-lanjut lagi Chatnya. Padahal klo bwt Er chat ama siapapun. Mw ce mw Co, Mw orangnya omes, soleh, baik,nyebelin apapun lah.... Er sih asik-asik aza.

Asep, BTw knapa nama email kamu peuyem2000@yahoo,com tw gak peuyem itu klo di bandung itu sejenis makanan yang terbuat dari singkong, bikinnya di kasih ragi and alkohol, biar kayak tape. Ada juga tuh yah... di bandung Peuyem umum, pesawat Peuyem, Warung Peuyem hehehe....gading klo yang ini mah becanda .

Begitulah isinya, setelah itu Er mengabari bahwa Er sudah mengirim Email dalam smsnya. setelah itu Asep, meminta Er, agar mengirim puisi, karyanya Er. Lalu Er mengirim puisi ke lamat email nya Asep. Setelah itu Asep pergi ke warnet bermaksud untuk membuka emailnya. “ wah benar Er, ngirim Puisinya, wah puisinya cakep, “ pikir Asep dalam hati. Lalu Asep mengabari bahwa, bahwa dia sudah membaca emailnya and pusisnya. “wah puisi kamu cakep ya, “ puji Asep dalam pesannya. “ wah makasih pujiannya, “balas Er.

Setelah itu Asep merasa berhutang budi, karena Er sudah mengirim Puisinya, “wah aku harus mengirim cerpen nih, ntar aku kirimkan ke emailnya Er “pikir Asep. Lalu dengan sigapnya Asep langsung membuat Cerpennya, selama 3 hari, berkutat dengan kata-kata akhirnya selesailah Cerpennya. “Ah cerpennya jelek, walaupun jelek yang penting buatan sendiri, “Pikir Asep. Setelah itu Asep langsung mengirimkan ke alamatnya Er. Wah Er, memang teman yang baik, “ kata Asep dalam hatinya.

****

No comments: